“WASPADA ANGIN KENCANG! SEJUMLAH POHON TUMBANG, TIDAK ADA KORBAN JIWA”

SIARAN PERS No. 485/15/410.111.2/2024

“WASPADA ANGIN KENCANG! SEJUMLAH POHON TUMBANG, TIDAK ADA KORBAN JIWA”

Rabu, 13 Maret 2024

Kota Blitar – Cuaca ekstrem terjadi di wilayah Jawa Timur hingga dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (hujan lebat, banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es). Hal tersebut perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat Kota Blitar. Dalam dua hari terakhir fenomena angin kencang dirasakan di Kota Blitar. Hingga Selasa sore (12/03/2024) sejumlah laporan terkait pohon tumbang banyak diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Blitar. Berikut beberapa informasi yang perlu diketahui oleh publik terkait angin kencang yang melanda Kota Blitar :

  1. Peringatan dini cuaca ekstrem sudah dikeluarkan oleh BMKG Bakorwil I Madiun. Warga diimbau mewaspadai terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada tanggal 12 – 14 Maret 2024.
  2. Hingga Selasa sore (12/03/2024) BPBD Kota Blitar menerima 7 laporan pohon tumbang.

Pohon tumbang tersebut terjadi di area Jl. Candi Sewu – Kel. Bendogerit, Jl. Batanghari – Kel. Sukoreko, Jl. Trowulan – Kel. Sentul, Jl. Cipamali – Kel. Ngadirejo dan lainnya.

  1. Pohon tumbang menyebabkan penutupan akses jalan hingga pemadaman listrik di beberapa wilayah akibat pohon tumbang yang menimpa kabel listrik.
  2. Setelah melakukan pemantauan lokasi, terdapat pohon berukuran cukup besar yang menimpa warga. Namun sudah dipastikan tidak terdapat korban jiwa.
  3. Selain itu terdapat laporan tiga tenda pedagang di PIPP roboh akibat angin kencang.

Proses evakuasi dilakukan hingga menjelang magrib. Pemkot Blitar melalui BPBD akan mengakomodir kerusakan yang dialami oleh warga.
Diharapkan kepada seluruh warga Kota Blitar untuk senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini. Hindari aktivitas di luar ruangan dan berteduh di bawah pohon. Bila mengalami kondisi darurat, dapat segera melaporkan melalui layanan Call Center 112 untuk mendapatkan bantuan.

Sumber: Press Release BMKG dan Wawancara Kalaksa BPBD Kota Blitar

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Blitar
E-mail : pemkot@blitarkota.go.id Telp/Faks : (0342) 801171
Twitter /Fb: @pemkotablitar IG/Youtube/Tiktok : @PemkotBlitar Website : www.blitarkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *