Walikota Blitar, Bapak Santoso, Resmi Membuka Festival Ronda Sahur 2024: Kembali ke Tradisi, Lawan Rokok Ilegal

Di tengah suasana sore yang sejuk, Kota Blitar merayakan sebuah acara yang tidak hanya menandai peringatan hari jadi kota yang ke-118 tetapi juga sebagai momentum kampanye aktif melawan rokok ilegal di bulan Ramadhan. Pada tanggal 22-23 Maret 2024, halaman Kantor Satpol PP Kota Blitar berubah menjadi pusat kegiatan Festival Ronda Sahur yang spektakuler, dengan kehadiran Walikota Blitar, Bapak Santoso, sebagai pemuka acara.

Dalam pembukaan resminya, Bapak Santoso menyampaikan pesan penting tentang pentingnya melestarikan tradisi. Beliau mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan alat-alat tradisional seperti kentongan dan alat musik pendukung lainnya untuk kegiatan sahur, sebagai pengganti penggunaan sound system yang dapat mengganggu kenyamanan warga. Sambutan ini tidak hanya menekankan pada aspek kebudayaan tapi juga kesehatan dan kenyamanan lingkungan, mengingat dampak negatif rokok ilegal bagi masyarakat.

Acara ini diikuti oleh 21 kelurahan se-Kota Blitar, dengan penampilan dibagi menjadi dua hari. Pada hari pertama, 7 kelurahan menampilkan kreativitas mereka dalam mengisi acara, sedangkan hari kedua, Sabtu, menjadi panggung bagi 14 kelurahan lainnya. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk merayakan, tetapi juga sebagai kompetisi yang sehat di mana pada akhirnya akan diumumkan juara 1, 2, dan 3 sebagai kelurahan dengan penampilan terbaik.

Salah satu inovasi yang diharapkan Bapak Santoso untuk tahun depan adalah penyelenggaraan kegiatan ini di malam hari setelah sholat tarawih, agar lebih banyak warga yang dapat terhibur dan terlibat. Ini merupakan langkah yang strategis untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan budaya, sekaligus memperkuat komunitas dalam menghadapi tantangan modernitas dan masalah sosial seperti rokok ilegal.

Pentingnya Festival Ronda Sahur untuk Blitar

Festival Ronda Sahur 2024 tidak hanya sebagai ajang hiburan, tapi juga sebagai medium edukasi. Dengan mengangkat tema kembali ke tradisi dan kampanye anti rokok ilegal, festival ini menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya dan kesadaran akan bahaya rokok ilegal.

Kesimpulan

Kegiatan pembukaan Festival Ronda Sahur 2024 oleh Walikota Blitar, Bapak Santoso, menjadi tonggak sejarah baru dalam perayaan hari jadi Kota Blitar. Melalui ajang ini, diharapkan masyarakat Blitar tidak hanya kembali ke akar budaya mereka dengan menggunakan alat-alat tradisional untuk sahur tetapi juga menjadi lebih sadar akan pentingnya memerangi peredaran rokok ilegal. Mari kita dukung inisiatif ini dan berpartisipasi aktif dalam menjaga dan melestarikan tradisi yang berharga bagi generasi mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *