Himbauan Kepolisian: Terbangkan Balon Udara Tanpa Izin Terancam Sanksi Berat

Kepolisian Kota Blitar telah mengeluarkan himbauan tegas kepada masyarakat terkait penerbangan balon udara liar. Melalui sosialisasi yang intensif, mereka menekankan bahwa aktivitas terbangkan balon udara tanpa izin bukan hanya berisiko tetapi juga dapat menyebabkan sanksi pidana penjara dan denda hingga Rp. 500.000.000 sesuai dengan Pasal 441 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Menjelang perayaan dan momen-momen festif, tradisi menerbangkan balon udara sering kali menjadi pilihan untuk menambah kemeriahan. Namun, tanpa pengawasan yang ketat, balon udara bisa menjadi ancaman serius bagi keselamatan penerbangan serta menimbulkan potensi kerusakan pada fasilitas umum dan pribadi.

Kepolisian mendesak masyarakat untuk menghormati undang-undang yang berlaku dan melakukan aktivitas yang sesuai dengan regulasi keselamatan penerbangan. Himbauan ini datang sebagai upaya preventif kepolisian untuk meminimalisir insiden yang mungkin terjadi akibat penerbangan balon udara liar, khususnya dalam rangka menjamin keamanan bersama.

Himbauan kepolisian ini tidak hanya ditekankan di wilayah Blitar tapi juga di daerah-daerah lain yang memiliki tradisi serupa. Penegakan hukum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dan kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

Masyarakat diingatkan untuk selalu berkonsultasi dan mendapatkan izin yang tepat sebelum melakukan aktivitas yang berkaitan dengan penerbangan. Kepatuhan ini tidak hanya melindungi masyarakat dari risiko hukum tetapi juga berkontribusi pada keselamatan penerbangan secara keseluruhan.

Untuk informasi lebih lanjut dan bantuan terkait regulasi penerbangan balon udara, masyarakat diimbau untuk menghubungi kantor kepolisian setempat atau otoritas penerbangan. Mari bersama-sama kita dukung upaya kepolisian dalam menjaga keselamatan dan ketertiban umum, khususnya terkait dengan aktivitas penerbangan balon udara di wilayah kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *