Proposal Pemeliharaan dan Pemanfaatan Lubang Resapan Biopori oleh Warga

RW 06 Kelurahan Sentul Kota Blitar

Jl Sawunggaling Gg Kyai Jamal Sentul Kota Blitar

Telpon : 081217870700

I. Latar Belakang

Permasalahan banjir dan penurunan kualitas tanah menjadi semakin serius di berbagai daerah, terutama di perkotaan. Penyebab utama dari masalah ini adalah minimnya area yang dapat menyerap air hujan dan tingginya tingkat pencemaran lingkungan. Salah satu solusi yang efektif dan ekonomis untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat lubang resapan biopori. Lubang resapan biopori tidak hanya meningkatkan kapasitas tanah untuk menyerap air hujan, tetapi juga memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan kesuburan tanah melalui proses pengomposan bahan organik yang dimasukkan ke dalam lubang tersebut. Melibatkan warga dalam pemeliharaan dan pemanfaatan lubang resapan biopori dari rumah ke rumah dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

II. Rencana Kegiatan

A. Fokus Utama

Fokus utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jumlah dan kualitas lubang resapan biopori di lingkungan warga, sehingga dapat secara signifikan mengurangi risiko banjir dan memperbaiki kualitas tanah.

B. Strategi Goal Sederhana

1. Goal Utama

  • Meningkatkan jumlah lubang resapan biopori di setiap rumah minimal 2 lubang dalam 6 bulan.
  • Meningkatkan kualitas pemeliharaan lubang resapan biopori dengan mengadakan pelatihan pengomposan dan pemeliharaan rutin.

2. Aktifitas Tindakan Sederhana

  • Mengadakan workshop pembuatan lubang resapan biopori dan teknik pengomposan untuk warga.
  • Melakukan kerja bakti bulanan untuk pemeliharaan dan pengecekan lubang resapan biopori.

3. Papan Skor

  • Membuat papan skor atau dashboard yang mencatat jumlah lubang resapan biopori yang telah dibuat dan kondisinya di setiap rumah.
  • Mencatat hasil berat pupuk yang dihasilkan dan pemanfaatanya untuk tanaman sekitar rumah di lingkungan warga

4. Rutinitas Pertanggungjawaban

  • Mengadakan pertemuan bulanan antar warga untuk membahas progress dan tantangan dalam pemeliharaan dan pemanfaatan lubang resapan biopori.
  • Setiap warga bertanggung jawab untuk melaporkan kondisi lubang resapan bioporinya dan berbagi pengalaman atau tips pemeliharaan yang efektif.

III. Daftar Biopori Warga

NoNamaAlamatJumlah BioporiKeterangan
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11Sugeng Hariyanto Subadi Yustika Moh Dofir Mashudi Jamil Abdul Chalim Slamet Sukma Huda MuhilalRt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 2 Rw 6 Rt 1 Rw 6 Rt 1 Rw 62 1 2 3 1 1 1 4 2 4 1 
total22 

IV. Penutup

Keterlibatan aktif warga dalam pemeliharaan dan pemanfaatan lubang resapan biopori merupakan kunci utama dalam berhasilnya upaya pengelolaan air hujan dan pemulihan kualitas tanah di lingkungan tempat tinggal. Dengan strategi  yang sederhana namun fokus, diharapkan setiap warga dapat berkontribusi secara efektif dalam mencapai tujuan bersama untuk lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *