Pengumuman Kegiatan Masyarakat Selama Bulan Ramadhan di Kota Blitar

Pengumuman Kegiatan Masyarakat Selama Bulan Ramadhan di Kota Blitar

Blitar, 07 Maret 2024 – Pemerintah Kota Blitar telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 451/1020/410.010.3/2024 yang berisi tentang panduan dan aturan kegiatan masyarakat selama Bulan Ramadhan Tahun 1445 H / 2024 M. Surat edaran ini ditujukan kepada Kepala OPD, Camat dan Lurah, Ta’mir Masjid dan Mushola/Langgar, Ketua BAZNAS, LAZ, Pengasuh Pondok Pesantren, serta pengusaha hotel, rumah karaoke, warung makan, dan kafe di Kota Blitar.

I. Umum

Surat edaran ini dikeluarkan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman, nyaman, dan khusyuk kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan peribadatan/keagamaan selama Bulan Ramadhan, sekaligus memperhatikan aspek kesehatan di tempat ibadah.

II. Maksud dan Tujuan

Tujuan dari surat edaran ini adalah untuk memberikan panduan kepada pemangku kepentingan dan umat beragama di Kota Blitar dalam melaksanakan kegiatan selama Bulan Ramadhan, agar tercipta suasana yang kondusif dan penuh toleransi.

III. Ruang Lingkup

Surat edaran ini mencakup berbagai kegiatan masyarakat yang dilakukan bersama-sama atau yang melibatkan banyak orang selama bulan Ramadhan di Kota Blitar.

IV. Dasar

Surat edaran ini dikeluarkan berdasarkan beberapa pedoman, antara lain:

  1. Surat Edaran Menteri Agama RI No. 5 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.
  2. Surat Edaran Menteri Agama RI No. 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 Hijriyah / 2024 Masehi.
  3. Peraturan Daerah Kota Blitar No. 1 Tahun 2017 tentang Ketentraman dan Ketertiban Umum.

V. Isi Edaran

Beberapa poin penting dalam surat edaran ini, antara lain:

  • Masyarakat diharapkan untuk memperhatikan aspek kesehatan, menjaga toleransi, serta menghindari kegiatan yang dapat mengganggu ketentraman seperti penyimpanan, penjualan, dan pembunyian petasan.
  • Para Kepala Perangkat Daerah, Camat, dan Lurah diinstruksikan untuk aktif menciptakan suasana yang kondusif dan menghormati mereka yang berpuasa.
  • Kegiatan Ramadhan seperti Tadarus di masjid, mushola, dan langgar dibatasi penggunaan pengeras suara hingga pukul 22.00 WIB.
  • Pengumpulan dan penyaluran zakat, infak, dan shadaqah harus memperhatikan protokol kesehatan.
  • Pengelola usaha diminta untuk menyesuaikan operasionalnya selama Bulan Ramadhan, termasuk menutup total rumah karaoke dan hiburan malam.

VI. Penutup

Surat edaran ini diharapkan dapat dijadikan pedoman untuk menciptakan situasi yang hikmat, aman, dan kondusif selama Bulan Ramadhan 1445 H / 2024 M di Kota Blitar. Tembusan dari surat edaran ini juga telah disampaikan kepada berbagai pihak terkait, termasuk DPRD Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, dan lain-lain, sebagai bentuk koordinasi dan sinergi dalam pelaksanaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *