Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Blitar: Memperkuat Respons Komunitas Melalui Simulasi

Pada hari Rabu, tanggal 6 Maret 2024, di Aula Poltekes Kota Blitar, berlangsung hari kedua kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana yang diorganisir oleh BPBD Kota Blitar. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kontinu BPBD untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Pelatihan ini menghadirkan Bapak Yoyok dari Resmob, yang membawakan materi tentang rescue, dan Pak Basuki dari Bapena, yang membawakan materi tentang medis.

Pada sesi kali ini, diadakan simulasi praktek penyelamatan korban dengan kondisi patah kaki, patah leher, yang memerlukan infus, serta evakuasi rescue secara vertikal. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk Lurah Kepanjenkidul, Kepala Pelaksana BPBD, fasilitator BPBD, Ketua dan anggota kelurahan tangguh bencana (Keltana), dan berbagai tokoh masyarakat serta kelompok informasi masyarakat (KIM) di Blitar​​.

Pentingnya pelatihan ini tidak hanya terbatas pada aspek teoritis namun juga praktis, menekankan pada kesiapsiagaan dan respons cepat dalam situasi bencana. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat dan para relawan dapat lebih tangguh dan siap dalam menghadapi bencana yang mungkin terjadi di wilayah mereka. Kegiatan ini juga mencerminkan komitmen BPBD dan pemerintah daerah dalam memperkuat mitigasi bencana dan edukasi bagi masyarakat, seperti yang terlihat pada kegiatan serupa yang dilakukan BNPB pada tahun-tahun sebelumnya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap bencana di berbagai daerah​​.

Ini adalah salah satu dari banyak upaya yang dilakukan oleh BPBD dan BNPB untuk meningkatkan kapasitas dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi risiko bencana, yang merupakan bagian penting dari manajemen risiko bencana di Indonesia. Kegiatan ini juga menunjukkan pentingnya kerjasama antar lembaga dan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana di tingkat lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *