Kesiapan Kelurahan Berseri di RW 6: Membangun Kebersihan dan Keindahan dari Rumah hingga Ruang Publik

Ruang Lingkup Rumah Tangga: Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Hijau

Di RW 6, setiap rumah tangga telah mempersiapkan diri untuk menjadi bagian dari Kelurahan Berseri dengan mengutamakan kebersihan dan keindahan lingkungan. Hal ini tercermin dalam:

  • Kebersihan Rumah: Setiap rumah tangga telah berkomitmen untuk menjaga kebersihan rumah mereka, menghilangkan segala macam sampah dan memastikan rumah tetap bersih dan rapi.
  • Halaman Rumah yang Hijau: Halaman rumah dipenuhi dengan tanaman hijau, bunga-bunga yang indah, dan sayuran organik. Hal ini tidak hanya menciptakan keindahan visual tetapi juga meningkatkan kualitas udara di sekitar.
  • Pekarangan/Kebun yang Bebas dari Sampah Plastik: Tidak ada sampah plastik yang berserakan di pekarangan atau kebun. Masyarakat aktif memastikan bahwa plastik dibuang pada tempatnya atau didaur ulang.

Ruang Lingkup Publik Umum: Menjaga Keasrian Lingkungan Bersama-sama

Selain dari lingkup rumah tangga, Kelurahan Berseri juga memperhatikan keasrian ruang publik umum, termasuk:

  • Jalan-Jalan Umum yang Asri: Jalan-jalan umum dihiasi dengan tanaman hias yang menambah keindahan lingkungan sekitar. Ini menciptakan suasana yang nyaman dan menyegarkan bagi siapa pun yang melintas.
  • Tempat Sampah Umum: Setiap sudut jalan dilengkapi dengan tempat sampah umum yang bersih dan tertata rapi. Masyarakat di RW 6 menjaga kebersihan tempat umum sebagai bentuk rasa tanggung jawab bersama.

Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan

  • Pemilahan Sampah: Sampah dibagi menjadi organik dan anorganik di setiap rumah tangga. Anorganik diolah menjadi pupuk kompos melalui lubang resapan biopori, sementara sisanya dialihkan ke bank sampah.
  • Penyambutan Juri yang Meriah: Untuk menyambut kedatangan juri lomba, masyarakat mengadakan acara sambutan yang meriah dengan sholawatan, lagu daerah, kesenian jaranan, yel-yel khas RW, dan lagu “Lestari Alamku”.

Kesempurnaan Disempurnakan dengan Kebersamaan dan Kelezatan Kuliner

  • Makanan Khas Tradisional Jawa: Setelah arak-arakan dan acara penyambutan selesai, panitia juri dan peserta lomba disuguhkan dengan makanan khas tradisional Jawa di kelompok Kira, bank sampah, dan kelompok wanita tani.
  • Tasyakuran dengan Ambengan Khas Kuliner Jawa: Sebagai penutup yang manis, tasyakuran diadakan dengan menyajikan hidangan ambengan khas kuliner Jawa sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan acara.

Dengan keseriusan dalam menjaga kebersihan, keindahan, dan keramahan lingkungan, RW 6 telah siap menjadi bagian dari Kelurahan Berseri yang menjadi contoh untuk wilayah sekitarnya. Semoga upaya mereka dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat lainnya untuk turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam dan kebersihan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *