Kelurahan Sentul Raih Juara Kedua di Festival Ronda Sahur Blitar 2024

Blitar, 23 Maret 2024 – Dalam suasana semarak, Festival Ronda Sahur tahun 2024 yang digelar di Kota Blitar untuk memperingati hari jadi ke-118 kota tersebut, telah mencapai puncaknya. Setelah persaingan yang ketat antara 11 peserta selama dua hari, dari tanggal 22 hingga 23 Maret, keluar sebagai juara adalah Kelurahan Tanggung dengan total nilai 2593. Acara yang bertujuan untuk memeriahkan tradisi sahur selama bulan Ramadan ini juga menjadi ajang kreativitas dan sinergi komunitas.

Kelurahan Sentul, yang terkenal dengan industri kerajinan kayunya, berhasil memenangkan tempat kedua dengan total nilai 2569, menunjukkan bakat dan semangat komunitasnya. Sementara itu, Kelurahan Pakunden tak ketinggalan, menduduki posisi ketiga dengan skor 2553, melengkapi podium festival yang berlangsung meriah ini.

Penjurian festival ini diadakan oleh dewan yang terdiri dari lima anggota terhormat, termasuk Sertu Dwi Bowo Susilo, Aipda Nanang Wahyudi, dan Bambang Wiratnolo AP., S.Sos., yang berkomitmen penuh untuk menilai secara adil dan objektif. Para peserta festival dinilai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, mencakup aspek kreativitas, keaslian, serta kekompakan dalam menyambut sahur.

Penetapan juara diumumkan oleh Dewan Juri yang diwakili oleh Ronny Yoza Pasablessy S.Sos., MM., yang menyatakan rasa bangganya terhadap semua peserta yang telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa. Kepala Satpol PP Kota Blitar juga turut menyaksikan dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan kota ini.

Festival Ronda Sahur Blitar 2024 ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi dan kegiatan sosial tetapi juga mengangkat nilai-nilai budaya lokal. Kegiatan ini mendukung program pemerintah dalam mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata, khususnya di Kota Blitar yang kaya akan nilai historis dan budaya.

Pemerintah Kota Blitar berharap bahwa festival ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kegiatan pariwisata dan ekonomi lokal, terutama dalam meningkatkan branding Kota Blitar sebagai destinasi yang unik dan menarik. Selain itu, dengan adanya partisipasi kelurahan-kelurahan seperti Sentul, diharapkan dapat menambah daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati kekayaan budaya serta produk kerajinan lokal.

Festival Ronda Sahur ini bukan hanya sekadar acara, tetapi juga representasi dari spirit kota yang keren, unggul, makmur, dan bermartabat, sebagaimana slogan Kota Blitar. Seluruh masyarakat Blitar bersatu dalam kegiatan yang mempertegas identitas dan solidaritas komunal mereka.

Dengan berakhirnya Festival Ronda Sahur tahun 2024, Kelurahan Tanggung, Sentul, dan Pakunden telah menetapkan standar baru untuk kreativitas dan partisipasi dalam merayakan tradisi dan budaya lokal, sambil menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *