Kelurahan Sentul, Kota Blitar: Siap Memenangkan Lomba Kelurahan Berseri dengan Ruang Asri Ramah Lingkungan dan Pengelolaan Sampah yang Baik

Kelurahan Sentul, Kota Blitar, Jawa Timur, bersiap diri untuk menjadi juara dalam Lomba Kelurahan Berseri. Kelurahan ini telah menunjukkan komitmennya dalam menciptakan ruang asri ramah lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik.

Ruang Asri Ramah Lingkungan

Foto menunjukkan beberapa contoh upaya warga Kelurahan Sentul untuk menciptakan ruang asri ramah lingkungan. Di antaranya:

  • Penataan taman: Taman-taman di kelurahan ini tertata rapi dan indah, dengan berbagai jenis tanaman hias dan pepohonan yang rindang. Taman-taman ini menjadi tempat yang nyaman bagi warga untuk bersantai dan berkumpul.
  • Penghijauan: Warga Kelurahan Sentul aktif melakukan penghijauan di lingkungan mereka. Mereka menanam pohon di pekarangan rumah, tepi jalan, dan area publik lainnya. Penghijauan ini membantu meningkatkan kualitas udara dan mengurangi polusi.
  • Pengelolaan sampah: Sampah di Kelurahan Sentul dikelola dengan baik. Warga memilah sampah organik dan anorganik. Sampah organik diolah menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik didaur ulang atau dijual kepada pengepul.

Pengelolaan Sampah yang Baik

Foto juga menunjukkan beberapa contoh upaya warga Kelurahan Sentul dalam pengelolaan sampah yang baik. Di antaranya:

  • Bank sampah: Kelurahan Sentul memiliki bank sampah yang dikelola oleh warga. Warga dapat menabung sampah mereka di bank sampah dan mendapatkan uang dari hasil penjualan sampah tersebut.
  • Tempat pembuangan sampah: Tempat pembuangan sampah di Kelurahan Sentul selalu dibersihkan dan dijaga dengan baik. Warga tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan mereka.
  • Edukasi: Warga Kelurahan Sentul mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik. Edukasi ini dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop, dan kampanye.

Kesimpulan

Upaya warga Kelurahan Sentul dalam menciptakan ruang asri ramah lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik menunjukkan kesiapan mereka untuk menjadi juara dalam Lomba Kelurahan Berseri. Kelurahan ini menjadi contoh bagi kelurahan lain di Kota Blitar untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Ajakan Aksi

Marilah kita bersama-sama mendukung upaya warga Kelurahan Sentul dalam menciptakan ruang asri ramah lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik. Kita dapat melakukan hal ini dengan:

  • Menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.
  • Memilah sampah di rumah masing-masing.
  • Menanam pohon di pekarangan rumah.
  • Mendukung program bank sampah.
  • Mengikuti edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik.

Dengan kerjasama dan gotong royong, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, indah, dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *