Blitar Siap Siaga Bencana: Pelatihan Penanganan Dasar Bagi Keltana Digelar

Blitar Siap Siaga Bencana: Pelatihan Penanganan Dasar Bagi Keltana Digelar

Blitar, 5 Maret 2024 – Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kota Blitar bersama Poltekkes Kota Blitar menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Penanganan Dasar Bagi Kelurahan Tangguh Bencana (Keltana)” pada tanggal 5-6 Maret 2024. Bertempat di Kampus 3 Poltekkes Kota Blitar, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari kelurahan-kelurahan di Kota Blitar yang memiliki potensi rawan bencana. Materi pelatihan meliputi:

  • Pengenalan jenis-jenis bencana di Kota Blitar
  • Penanganan dasar pada situasi darurat
  • Evakuasi dan penyelamatan
  • P3K
  • Simulasi penanggulangan bencana

Motto “Kenali Ancamanya, Siapkan Strateginya, Kurangi Resikonya, Siap untuk Selamat” menjadi pedoman utama dalam pelatihan ini.

Narasumber dari BPBD Kota Blitar, PMI Kota Blitar, dan Tagana Kota Blitar dihadirkan untuk memberikan materi dan pelatihan yang berkualitas.

“Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi bencana”

Dari FPRB Kota Blitar, menambahkan, “Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam penanggulangan bencana di wilayahnya masing-masing.”

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya FPRB Kota Blitar dalam mewujudkan Kota Blitar yang tangguh bencana. Diharapkan, dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat, risiko korban jiwa dan harta benda akibat bencana dapat diminimalisir.

Tentang FPRB Kota Blitar

FPRB Kota Blitar adalah forum yang mewadahi berbagai pihak, baik pemerintah, organisasi non-pemerintah, akademisi, maupun masyarakat, dalam upaya bersama untuk mengurangi risiko bencana di Kota Blitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *