103 Siswa SD Islam Blitar Mengasah Kreativitas di Kampung Kreatif Kendang Sentul

103 Siswa SD Islam Blitar Mengasah Kreativitas di Kampung Kreatif Kendang Sentul

Blitar, 5 Maret 2024 – Sebanyak 103 siswa SD Islam Kota Blitar mengikuti kegiatan outing class di Kampung Kreatif Kerajinan Kayu Kendang Sentul pada hari Minggu (5/3). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada industri kreatif kerajinan kayu dan mengasah kreativitas mereka.

Didampingi oleh 8 guru, para siswa mengunjungi 8 rumah industri kayu di Kampung Kendang Sentul. Mereka berkesempatan melihat langsung proses pembuatan berbagai produk kayu, seperti mebel, mainan, alat musik, dan dekorasi.

Bapak Saefudin, pemilik industri mebel kayu, menjelaskan kepada para siswa tentang proses pembuatan mebel yang berkualitas. Bapak Mustakim, di sisi lain, menunjukkan cara membuat bubut alu dan mainan otok-otok yang menarik.

Para siswa juga berkesempatan untuk mencoba melukis produk kayu dengan teknik pointilism di rumah industri Bu Yanti. Teknik ini menghasilkan lukisan yang indah dan unik pada permukaan kayu.

Puncak acara adalah praktek mewarnai kendang djembe dengan alat sederhana dan belajar teknik dasar bermain kendang djembe. Para siswa tampak antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Seorang Guru mengungkapkan bahwa kegiatan outing class ini sangat bermanfaat bagi para siswa. “Kegiatan ini membantu siswa untuk mengenal budaya dan tradisi lokal, serta mengembangkan kreativitas mereka,” tuturnya.

Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini, mengaku senang dengan outing class ini. “Saya belajar banyak tentang pembuatan produk kayu dan cara melukisnya. Saya juga senang belajar bermain kendang djembe,” ungkapnya.

Kegiatan outing class di Kampung Kreatif Kendang Sentul merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan dapat dipadukan dengan wisata edukasi. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas siswa, serta menumbuhkan kecintaan mereka terhadap budaya dan tradisi lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *